Friday 12 August 2016

Welcome to Motherhood (Ngalor Ngidul)

Haiiiiii....!!! *elap elap debu* *kembali dari hiatus* 



Whoaa ga berasa udah 4 bulan ga nulis di sini (re: komputer kantor). Terakhir fast update tentang lahiran nulisnya dari HP terus ga bisa upload foto *gagal* *gaptek* terus jadi males nulis karena itu *alesan* haha.. Well, jadi udah tepat 2 minggu sejak gw balik kerja dan mood nulis baru kembali hari ini..

Hmm mulai cerita dari mana ya? Banyak banget abisnya yang bisa diceritain. Haha.. Ngalor ngidul dulu deh ya.. Jadi gw kira balik kerja itu bakalan mellow mellow gimana gitu kan. Eh ternyata seneng loh *haha* ga disangka. Rasanya kayak balik menjadi gw yang dulu dan punya kegiatan sendiri, semacam me time. Contohnya ya blog walking dan blog writing ini *plus browsing* hahaha. Sebenernya di rumah sih bisa juga sih lewat HP, tapi ya pas si bayi tidur aja bisanya.. Intinya gw merasa lebih seimbang ada kegiatan kerja dan urus si kecil. Bisa beda beda emang ya tiap orang, tapi sebagai mama yang sebelumnya kerja (dan enjoy kerjaannya), I find this as the best scenario :D

Balik ke judul di atas, sekarang udah join club emak2 alias motherhood. Rasanya? Indescribable, kayak nano nano, naik roller coaster, you mention it.  Seneng, panik, takut, bahagia, frustasi, seneng lagi. Haha. Awal2 sih shock berat, bukan karena bayinya, coz Ian was a very very easy newborn, no complain and couldn't ask for more. Terus kenapa? Purely karena gw belom siap mental aja lahiran secepet itu (tepat di week ke 37). Expectnya kan di week 38-39 gitu. Hahah. Pelajaran buat bumil di luar sana. Musti siap mental masuk week ke 36. Kudu. Jangan kayak gw kepedean terus akirnya galau. Jadi semacam masi pengen ini itu, tidur lama bangun siang, nongkrong2, jalan2. Haha. Keinginan standar emak2. 

Ngomongin baby blues, kayaknya si gw juga kena 2 minggu pertama. Mood nya super ga jelas galau2 gitu. Gw kira baby blues itu kan pasti karena bayinya ya, ternyata ga juga loh. Btw kalau sampe parah dan berefek ga mau urus bayinya itu kayaknya udah setingkat di atas baby blues ya, namanya post partum depression, kalo gw ga salah inget. At least di kasus gw galaunya karena anything except babynya. Alasan utama itu adalah ketidaksiapan gw lahiran besokannya, sama masi belom move on karena abis 16 jam penantian berujung c-sect. Alesan lainnya cukup minor sih macam badan yang kegerahan mulu, inter-relation sama suami dan orang rumah, terus apalagi ya. Lupa. Haha. Kayaknya kayak gitu aja de alesan2 kurang penting tapi bikin nangis2 bombay hari2 pertama. :p *terus nyalahin hormon yang terjun bebas

But lucky me, si Ian itu super gampang sebagai newborn

1. Latch on? Mantep dari waktu IMD (2 jam abis lahiran, ga langsung karena mamanya masi tepar kena obat bius) haha. Dan untungnya kolostrum juga langsung keluar banyak (waktu dipencet). Saran buat bumil, dari pas hamil rajin dibersiin aja permukaan putingnya pelan2.. 

2. Tidur udah langsung lumayan teratur (dan lama), pola nya cukup rutin setiap hari. Yang ini ga tau sarannya gimana. 

3. Nangis malem2 atau nangis lama ga tau kenapa? Ga pernah. Nangis itu cuma 1, kalo laper. Diapers full aja kadang dia cuek bebek. Hahah. Asoy lah pokoknya. Sampe mertua gw komen ini kayaknya tetangga kiri kanan ga tau di rumah ada bayi newborn saking nangisnya ya cuma itu doank aak ekk aak ekk. Jarang kedengeran suara kencengnya.

4. ASI juga surprisingly gw ga masalah si dari awal, dan mungkin karena Ian latch on nya mantep jadi puting luka kayaknya cuma 2-3 hari pertama. Sisanya oke aja. So feeding was never a problem. Gw juga belom mikir buat mompa minggu2 awal, cuma marmet kadang2 aja. Jadi ga pernah musingin hasil pompaan banyak apa sedikit. Ga tau juga Ian minum brp ml gitu2. Haha, they say innocence is a blessing. Tapi lumayan waktu 1 bulan ian naek 1.6 kg dari berat lahir. Sip lah cukup berarti ASInya. Saran buat bumil di luar sana, legowo aja soal ASI, tapi positive thinking. Gw si dari awal rela2 aja kalo ga cukup ya pake sufor, ga pernah terbeban pikiran soal ASI cukup ngga. Eh trnyata cukup syukurlah. Dan gw cukup beruntung juga, orang2 di sekitar gw ga pernah sounding2 nambahin sufor sama sekali. Termasuk dari di RS, tiap hari 2-3x susternya dateng buat ajarin latch on dan edukasi ASI. RS gw super sangat amat pro ASI. 

5. I was in a strict confinement lifestyle in the first month. Selaen sendalan, kaos kaki juga pake tiap hari. Minum aer putih aja kayaknya bisa diitung sebelah tangan, sisanya minum red date tea longan, sama Milo, atau aer jahe. Mandi pake aer rempah sampe sebulanan bau herbal. Keramas juga ga boleh, walopun akirnya 3 minggu terus gw keramas ga tahan. Krn si Ian waktu awal2 ga kuat AC alhasil gw panas2an sama dia. Gerah maksimal, pake dry shampoo jg ga ngaruh. Haha. Makanan juga terbatas banget tiap hari menunya itu2 aja. Bisa diitung pake jari juga de menu makanannya tiap hari. Herannya ya gw ok2 aja ga sampe baby blues karena ini,selaen krn yg gw sebut di atas. Hehe.. I wonder why. Padahal kalo gw pikir skrg ih kok bisa yah. hahaha.. Kayaknya demi baby, apa aja rela gitu *halah* :p

Nahh, kehidupan penuh lika liku bersama bayi (halah) baru mulai waktu Ian sekitar umur 2.5-3 bulan. Kayaknya di umur segitu dia udah mulai "ngerti" dan punya preferensi sendiri, jadi dimulai de drama2 bersama bayi. Haha.. Nanti mungkin drama nya bakal gw tulis terpisah buat pembelajaran calon2 mama di luar sana.. Hehe.. 

Semoga setelah ini gw rajin ngeblog lagi dan share apa yang gw alamin sebagai mama, mungkin juga bisa membantu mama mama di luar sana yang mengalami kasus serupa.. Hehe.. 

Di bawah beberapa foto2 kilas balik yah *sambil scroll gallery photo ke atas2*, ceritanya lewat captionnya.. 


Sehari sebelum lahiran, masi ga tau bakalan lahiran secepet itu. Ini lagi siap2 jalan2 naik turun tangga (yang kayaknya bikin kecapean terus ketuban pecah besoknya). Haha

Sampe RS, ganti baju. Masi niat lahiran normal, udah bukaan 2 tapi belum berasa kontraksinya. terus habis ini diinduksi udah ga bisa senyum2 lagi. Hahaha.. 

Hi! I'm one day old baby Ian! Nice to meet you all :D

Baby Ian and mommy, we make a great teamwork (pelanggan susu dan tukang susunya :p) Lol

One month old baby Ian. Tidur terus seharian ga dapet foto meleknya >.<

Baby Ian's 2 months old. Starts babbling 
Ian's 3 months old

Latest one (yesterday) Ian's 4 months old. Dan finally dibotakin juga. Hehe


See you in my next post :)


Cheers,

Ian's mom 




14 comments:

  1. Wah pinter y Ian... Very easy baby :)

    So cute pula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ko! Ian was a very easy newborn ko, tp makin ke sini makin banyak "tantangan" nya 😅😭

      Delete
  2. uwah, syukurlah ya punya baby yang ngertiin mama papanya banget Fan. Ga nyangka bisa ga cengeng, padahal newborn efeknya mama hepi, baby Ian juga hepi. Untuk ASInya bisa cukup, ada minum vitamin atau makan sayur apaa gitu ga sih? Foto2 baby nya gemesiin semua Fan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya in.. Hehe.. Dari di perut diomongin baik2 yah nurut gitu. Haha ga tau de ngaruh ngga. Tp nothing to lose :)
      Hmm buat booster asi aku ga minum sih. Tapi waktu confinement makan makanan ciak po gitu. Habis confinement minum vitamin blackmores biar asi nya bergizi. Kayaknya asi game of mind itu bener de in. Gw ga pernah kepikiran ga cukup soalnya. Bener si cukup2 aja. Banyak bergaul sama orang yang kasi ASI ekslusif biar kita ketularan semangatnya. Hehe.. Itu si yang gw lakukan.
      Makasi ya auntyyy 😁

      Delete
  3. Fan.. foto ian yang terakhir miriip sama u..hahahaha...
    iaan makin gede makin ganteng euyy.... :*

    ReplyDelete
  4. Faann itu dia yang bikin gue masih galau, perasaan masih mau puas2an bobo lamaaaa dan nongkrong2nya. Hahahaha. Jadinya beneran galau nih makin deket jadwal lahiran lol. *puk puk perut* "Maap ya M" :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya liv itu bikin gw baby blues awal2.. semoga lo ngga yaa karena udah ada prediksi kira2nyaa hehe.. Gapapa kok wajar perasaan kayak gtu.. krn kita manusia juga, masi agak egois awal2.. haha

      Delete
  5. Ganteng bgt si ian, btw, km balik kerja si ian sama siapa? bukannya di SG ya fan? maap klo kudet XD hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks aunty nie! hehe.. Iya di SG.. sama mertua di rumah (sg juga) hehe..

      Delete
  6. hihihihi.. fan surely nanti ian bakalan makin hari lebih baik.. :) Jangan lupa disounding ke Ian, supaya tetep kuai2. hehehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke epoiii.. Makasihhh.. *menatap masa depan cerah* *halah* Iya smoga ian kuai2 hihi.. koko clay juga yaa

      Delete
  7. Sptnya perasaan "balancing" in life after giving birth itu perlu ya, fan. SUpaya bs tetep menikmati perannya jg sebagai mom , wife n urself. :) kinda inspiring reading this post untuk keep positive mind.
    Ian is so cute...n cool bgnt dah as a newborn ^^

    ReplyDelete
  8. Penantian normal yg berujung sc memang bikin susah move on *senasib* tapi demi keselamatan baby semua terbayar dengan bahagia ya Fan ^_^
    Gantengnya Ian ������ *kiss kiss dari onti*

    ReplyDelete